X Banner

STANDING banner atau sebagian orang menyebutnya dengan X banner, kini menjadi pajangan yang lazim diberbagai tempat. Karena harganya menjadi terjangkau, banyak orang memanfaatkannya dengan berlebihan, berjajar penuh dan saling mencuri perhatian.
Jika kita mengacu kepada kaidah dasar poster, X banner ini adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu X banner biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat. Seni terapan ini lebih ditujukan untuk propaganda dan reklame atas produk-produk yang dimuat didalamnya. Disebut sebagai standing banner karena memang berbentuk seperti spanduk yang berdiri. Disebut dengan X Banner karena dilakangnya ada tulang untuk menjaganya berdiri dan tulang ini berbentuk seperti huruf X.
X banner yang berukuran poster itu muncul dengan berbagai model, gaya, pesan dan bentuk. Ada yang lucu, serius dan banyak yang ‘sangat tidak lucu’ yang sama sekali tidak mengirimkan pesona apapun lalu terabaikan begitu saja dari perhatian orang yang melewatinya. Banyak pengusaha mikro, kecil dan menengah yang latah menggunakan media promosi ini. Sayangnya media promosi ini terlihat menyedihkan (sebagian usaha besar juga begitu).
Sebagian pengusaha yang latah membuat x-banner ini berharap agar orang ‘melihat’ produknya. X-banner ini dijadikan media pajangan, menggantikan produk aslinya. Sebagian lagi menggunakan x-banner ini untuk menginformasikan daftar menu dan daftar harga. Memang boleh-boleh saja memanfaatkan media promosi tersebut untuk menyampaikan apapaun. Tetapi harus diingat bahwa fungsi dasar promosi hanyalah satu, yaitu meyakinkan orang untuk bertindak.
Biasanya, aksi atau tindakan yang diharapkan adalah pembelian, pendaftaran atau upaya penjagaan peluang bisnis. Pengenalan nama atau sekadar pemberitahuan jelas sangat tidak cukup untuk memaksa seseorang bertindak sesuai dengan kemauan kita.
Bagi anda yang sedang mendesign sarana promosi semisal poster atau x-banner ini. Saya ingatkan akan sebuah konsep lama yang sering orang singkat dengan AIDA. AIDA adalah akronim dari bahasa inggris yang berisi Attention, Interes, Desire dan Action.
Konsep ini diharapkan bisa membimbing kita menciptakan alam pikiran promotif yang mendesak penentuan keputusan. Bayangkan seperti jika anda berjalan mendekati orang asing lalu anda tanyakan kepadanya, apakah dia mau menikahi anda? Sebesar apa peluang anda mendapatkannya? Atau bagaimana jika anda berminat menikahi kekasih anda tapi anda tak pernah mengatakannya.

X-banner adalah media promosi yang saat ini sangat dibutuhkan dalam menyampaikan promosi sebuah produk dan layanan secara visual tekstual. Dengan menggunakan X-banner maka Layanan & produk Anda terkesan lebih profesional dan modern. Dengan begitu peluang anda / usaha anda dikenal orang semakin besar

X-Banner Outdoor  (Bahan Vinyl + Tiang)

ukuran 60×160 : Rp.45.000/buah
ukuran 80×180 : Rp.75.000/buah

ukuran 120×220 : 150.000/buah

.                                    

.

X-Banner Indoor (Bahan PP Paper + Laminasi + Tiang)
Ukuran 60×160 : Rp.70.000/buah
Ukuran 90×180 : Rp.130.000/buah

Ukuran 120×220 : 165.000/buah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s